Ngaku Pecinta Kopi? Tahu Nggak Bedanya Robusta dan Arabica?

Secara umum, kamu pasti sering mendengar istilah kopi Robusta dan kopi Arabica.  Nah, jika kamu adalah pecinta kopi, kamu pasti lebih familiar dengan kedua jenis kopi ini. Apa sih perbedaan kopi Robusta dan kopi Arabica?

Mulai dari bentuk, kedua biji kopi ini sudah memilki perbedaan yang mencolok. Biji kopi Arabica memiliki bentuk yang cenderung lebih lonjong, sedangkan biji kopi Robusta cenderung berbentuk lebih bulat. Dilihat dari tempat tumbuhnya, kopi Arabica dapat ditemukan pada dataran kurang dari 700 mdpl. Sementara kopi Robusta dapat tumbuh di dataran yang lebih rendah. Meski kopi Robusta menghasilkan biji kopi yang lebih banyak, tanaman kopi Robusta lebih rentan diserang serangga. Secara profil atau rasa, kebanyakan kopi Robusta memiliki profil rasa yang lebih pahit dibanding dengan kopi Arabica yang memiliki kecenderungan lebih memiliki rasa asam. Kandungan kafein kopi Arabica juga lebih rendah, yakni 08 – 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi Robusta. Pada kopi Robusta, perbedaan pada kandungan kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Dapat dikatakan kopi Robusta memiliki kadar kafein dua kali lebih banyak daripada kadar kafein dalam kopi Arabica.

Pada akhirnya, jika kamu sudah mengenal dan pernah merasakan kedua jenis kopi ini, kamu pasti akan lebih selektif dalam memilih kopi. Walaupun, jenis kopi Arabica lebih cenderung lebih disukai, selera masing-masing orang pasti berbeda-beda. Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, kira-kira mana yang menjadi pilihanmu?

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *